rssrss

Friday, 29 November 2013

Yuk! Lihat Kantor Google Indonesia dari Dekat

Jakarta: Sudah bukan rahasia lagi kalau Google menyediakan tempat kerja yang berbeda dari perusahaan pada umumnya. Jika melihat tampilan kantor pusatnya di California, Amerika Serikat, kantor Google terlihat seperti taman kanak-kanak dengan perabotan warna-warni, gambar di setiap dinding, dan bahkan tersedia bermacam mainan.

Pemandangan serupa juga terlihat di kantor Google Indonesia yang terletak di lantai 28 gedung Sentral Senayan II, Senayan, Jakarta. Dari pintu masuk, sudah tampak hiasan balon yang dibentuk menjadi gerbang. Sementara, di balik meja penerima tamu, terlihat logo Google yang biasa dijumpai di laman utamanya ketika dibuka di perambah.

Jika dilihat lebih dekat, logo Google ditemani oleh beberapa cetakan yang dipakai untuk membatik. "Kan ada kisahnya batik diklaim oleh negara lain. Jadi kalau kita (Indonesia) punya cetakannya, bagaimana mereka bisa bikin batik," jelas Country Head Google Indonesia, Rudy Ramawy, saat memandu wartawan berkeliling kantor pada Rabu (27/11).

Namun, yang unik dari kantor baru Google Indonesia itu bukan hanya hiasannya, penamaan setiap ruangan pun demikian. Contohnya, Alun-alun dijadikan nama untuk ruangan rapat. "Kenapa namanya Alun-alun? Karena memang tempat kumpul," tutur Rudy.

Penamaan yang unik itu rupanya memang disengaja agar Google di seluruh dunia penasaran dengan apa yang dimiliki cabangnya di Indonesia. Rudy mengatakan nama-nama ruangan lain, seperti Gelora Asmara, Bung Karno, Potong Bebek Angsa, Gudang Rezeki, dan Cucok, dibuat oleh para karyawan Google, termasuk dirinya.

Suasana santai seperti yang selalu dipamerkan Google di kantor pusatnya, juga terasa di setiap sudut kantor Google Indonesia. Di lantai dua, tepat di atas meja penerima tamu, terdapat area bermain yang juga bisa dijadikan tempat kerja.

Di area itu, tersedia TV layar datar dengan konsol Xbox dan sofa empuk. Bahkan beberapa meter di sebelahnya, ada tempat untuk berolah raga. "Arti tempat kerja untuk Google ialah untuk mendukung produktivitas. Setiap karyawan bisa memakai pojok mana pun untuk bekerja, sekali pun bukan di ruang kerja," kata Rudy.

Namun, kenyamanan yang ada di setiap jengkal itu itu rupanya tidak bisa dipakai untuk sebagai tempat menginap. Rudy mengatakan Google menerapkan suatu peraturan yang disebut No Camping! di seluruh ruangan yang ada di kantor.

Menurut pengumuman yang ditemukan di sebuah ruangan kecil bernama Ondel-ondel dan di beberapa ruangan serupa lainnya, karyawan mana pun dilarang memesan ruangan tersebut untuk dijadikan tempat menginap. "Ruangan itu untuk melakukan komunikasi yang sifatnya pribadi, gunakan semestinya dan jangan terlalu lama waktu pemakaiannya," ujar Rudy.

0 comments:

Quote

Sponsor

Subscribe To BloggerStop


Get Free Updates of This Blog on Your PC !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

BANNER TEMAN

Best Partner blog

www.manurung.net'
 

Blog tools

STATISTIK

Blog Directory