rssrss

Saturday, 30 November 2013

Tips Menyimpan Cokelat

Temperatur terbaik menyimpan cokelat adalah pada suhu ruang yang konstan antara 17-20 derajat celsius.

Berdasarkan laman www.culinate.com, ruang penyimpanan juga harus dalam keadaan gelap karena cahaya mempengaruhi suhu ruang sehingga kualitas cokelat bisa berubah.

Jika terpaksa menyimpan dalam lemari pendingin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kualitas cokelat bisa terjaga baik. Berikut beberapa tipsnya:

* Sebelum dimasukkan dalam lemari pendingin, bagilah cokelat dalam porsi kecil yang bisa Anda konsumsi dalam sekali waktu.

* Kemas setiap cokelat yang sudah dibagi tadi ke dalam plastik dan bungkus kembali dengan kemasan yang menyerap kelembapan. Tisu makan bisa Anda gunakan untuk itu.

Hilangkan udara dalam kemasan tanpa meremas cokelat. Patut diingat bahwa kelembapan akan menyebabkan pembentukan kristal gula pada permukaan cokelat sehingga merusak tekstur keseluruhan.

* Simpan setiap porsi cokelat dalam lemari pendingin.

* Setelah 15 menit, cek cokelat yang dikemas tadi apakah berembun di bagian dalam kemasan. Jika ya, ganti kemasan penyerap kelembaban tadi dengan yang baru.

* Tempatkan cokelat tadi dalam kotak yang tertutup rapat dalam freezer untuk melindunginya dari bebauan lain karena cokelat sangat mudah menyerap bau.

* Penyimpanan tersebut mampu menjaga kualitas cokelat hingga tiga bulan jika disimpan dalam lemari es. Daya simpannya bahkan bisa mencapai setahun jika diletakkan dalam freezer.

* Bila ingin mengonsumsi cokelat dari freezer, ambil secukupnya dan tempatkan dahulu dalam kompartemen lemari es dalam waktu sekitar 8-12 jam.

Setelah itu, keluarkan cokelat yang akan digunakan dan tempatkan dalam lemari yang gelap hingga coklat mencapai suhu ruang. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 jam sebelum benar-benar bisa digunakan.

0 comments:

Quote

Sponsor

Subscribe To BloggerStop


Get Free Updates of This Blog on Your PC !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

BANNER TEMAN

Best Partner blog

www.manurung.net'
 

Blog tools

STATISTIK

Blog Directory