rssrss

Friday, 29 November 2013

Solusi Energi Mengarah ke Minyak Kelapa Sawit

Bandung: Presiden Komisaris PT Medco Duta Corporation, Arifin Panigoro, mengatakan, minyak kelapa sawit menjadi solusi untuk mengatasi kesenjangan antara supply (ketersediaan) dan demand (kebutuhan) bahan bakar energi di Indonesia.

Arifin mengemukakan hal itu ketika menjadi pembicara Konferensi Kelapa Sawit Indonesia ke 9 dan Proyeksi Harga 2014 (IPOC) di Bandung, Jumat (29/11).

"Dalam beberapa tahun ke depan akan meningkat kesenjangan antara 'supply' dan 'demand'. Produksi akan turun secara signifikan ketika permintaan naik menjadi empat hingga lima persen per tahun. Kebutuhan bahan energi di Indonesia akan menjadi satu juta barrel per hari pada 2020, karena itu energi diversifikasi akan menjadi kebutuhan," katanya.

Arifin menekankan pentingnya kesadaran tentang lingkungan yang berkaitan dengan produksi energi dan saat ini banyak kelompok baik dari aktivis lingkungan maupun lembaga sosial masyarakat yang melakukan tekanan untuk memproduksi energi yang ramah lingkungan.

Dia mengatakan laporan lembaga riset Mackenzie menyatakan bahwa pada 2012 hingga 2018 defisit energi bahan bakar Indonesia akan naik dari 340,000 barrels per hari menjadi 420,000 barrel per hari.

Menurut lembaga penelitian tersebut tumbuhnya permintaan bahan bakar energi di Indonesia dipicu oleh pertumbuhan pendapatan, naiknya kepemilikan kendaraan dan meningkatnya subsidi.

Arifin mengatakan skenario untuk membuat ketangguhan energi di Indonesia adalah dengan tiga tahap yakni meningkatkan kapasitas produksi biodiesel yang ada saat ini, yang berlangsung mulai sekarang hingga 2016, mengganti 50 persen penggantian impor diesel yang berlangsung dari 2016 hingga 2020.

Keuntungan yang akan didapatkan adalah dapat mengganti 50 persen konsumsi diesel yang berjumlah 45,9 juta kilo liter. Hal ini menimbulkan kebutuhan akan kelapa sawit 10,3 juta ton sedangkan devisa yang akan diselamatkan US$10,8 juta.

Kemudian menggantikan 100 persen impor minyak diesel yang dapat dilakukan  dari 2020 hingga 2025. (Antara)

0 comments:

Quote

Sponsor

Subscribe To BloggerStop


Get Free Updates of This Blog on Your PC !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

BANNER TEMAN

Best Partner blog

www.manurung.net'
 

Blog tools

STATISTIK

Blog Directory