rssrss

Friday, 29 November 2013

Jamkesmas 2013 Defisit Rp1,8 Triliun

Jakarta: Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi memprekirakan pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) 2013 bakal mengalami defisit hingga Rp1,8 triliun.

Defisit itu dapat mengancam penundaan pembayaran klaim rumah sakit (RS) yang telah memberikan pelayanan kepada peserta Jamkesmas
"Defisit Jamkesmas pada saat ini karena adanya sejumlah faktor. Ini juga bisa menjadi pelajaran bagi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan agar kalau nanti berjalan tidak tutup dalam dua tahun," ujar Nafsiah di sela-sela Workshop Manajemen Rumah Sakit di Jakarta, Jumat (29/11).

Menurutnya, setidaknya terdapat empat faktor yang membuat pelaksanaan program layanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin/rentan tersebut mengalami defisit.

Pertama alokasi Jamkesmas 2013 dipotong Rp545 miliar untuk membayar tagihan klaim RS pada 2012. Faktor kedua, jumlah peserta Jamkesmas pada tahun ini bertambah 10 juta peserta, dari 76,4 juta menjadi 86,4 juta orang miskin/rentan.

Ketiga, komponen pembayaran layanan Jamkesmas yang menggunakan sistem pembayaran Ina-CBGs (Indonesia Case Base Groups) naik 30% untuk biaya layanan tiap penyakit bila dibandingkan dengan tahun lalu. Imbasnya, alokasi anggaran Jamkesmas dari APBN sebesar Rp8,3 triliun menjadi tidak cukup untuk membayar semua pelaksanaan program.

Akibat defisit yang cukup besar tersebut, Nafsiah mengakui diperkirakan Kementrian Kesehjatan (Kemenkes) tidak memiliki dana cukup untuk membayar klaim RS pada November dan Desember 2013. Menkes mengaku pihaknya sudah meminta pada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk diberi alokasi tambahan untuk menutup defisit Rp1,8 triliun.

Namun untuk mendapat tambahan dana tersebut, Kemenkeu mensyaratkan dilakukan audit terlebih dahulu. Selain itu, dana tambahan akan dimasukkan dalam APBNP 2014.

"Kalau masuk dalam APBNP itu jelas memberatkan RS. Karena dananya baru cair sekitar pertengahan 2014. Jadi pembayaran klaim RS bisa telat sampai berbulan-bulan," ujarnya. (Cornelius Eko Susanto)

0 comments:

Quote

Sponsor

Subscribe To BloggerStop


Get Free Updates of This Blog on Your PC !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

BANNER TEMAN

Best Partner blog

www.manurung.net'
 

Blog tools

STATISTIK

Blog Directory