rssrss

Friday, 29 November 2013

Indonesia Butuh 200.000 Ha Sawah Setahun

Jakarta: Indonesia membutuhkan tambahan lahan pertanian 200.000 hektare per tahun untuk memenuhi kebutuhan pangan yang meningkat 1,3 persen per tahun. Untuk dapat menjadi eksportir, Indonesia membutuhkan paling tidak tambahan lahan pertanian baru seluas 300.000 ha per tahun.

Mantan Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Pusat Siswono Yudhohusodo di Nusa Dua, Bali, Kamis (28/11), mengatakan itu. Lahan pertanian baru harus dibuka dengan prioritas lahan-lahan yang tidur yang tidak dimanfaatkan.

Saat ini, lanjutnya, rasio lahan pertanian per populasi di Indonesia sangat rendah dibandingkan beberapa negara seperti Thailand, India, China, dan Vietnam. Rasio lahan pertanian untuk pangan per populasi di Indonesia, khusus hanya padi, cuma mencapai 358,5 meter persegi per kapita, Thailand mencapai 5.225,9 m2 persegi per kapita, India 1.590,6 m2 per kapita, China 1.120,2 m2 per kapita, dan Vietnam 950,9 m2 per kapita.

Ironinya, Siswono mengatakan lahan pertanian semakin berkurang dan konversi terbesar terjadi perumahan dan industri. Selama ini pemanfaatan lahan sangat tidak seimbang karena semua terfokus di Pulau Jawa.

Lahan pertanian yang dimiliki sangat potensial mencapai 101 juta ha. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) luas lahan pertanian yang ada saat ini baru mencapai 47 juta ha, sehingga masih tersisa sekitar 54 juta ha. (Ant)

0 comments:

Quote

Sponsor

Subscribe To BloggerStop


Get Free Updates of This Blog on Your PC !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

BANNER TEMAN

Best Partner blog

www.manurung.net'
 

Blog tools

STATISTIK

Blog Directory