rssrss

Saturday, 27 August 2011

Tips Inspirasi : Mengatasi Amarah


"Siapa saja bisa marah - itu mudah, tetapi untuk marah dengan orang yang tepat, untuk tingkat yang tepat, pada waktu yang tepat, untuk tujuan yang benar, dan dengan cara yang benar - Tidak semua orang bisa melakukannya dengan mudah​​" - Aristoteles

Apa itu Amarah?

Kemarahan adalah emosi alami. Ini merupakan cara yang alami yang memberitahu kita bahwa ada sesuatu yang mengganggu kenyamanan pikiran kita, sesuatu hal membuat kacau hati kita. Kemarahan terjadi sebagai respon defensif terhadap serangan yang dirasakan atau ancaman terhadap kenyamanan kita. Selain perubahan psikologis, seperti emosi, kemarahan disertai dengan perubahan fisiologis. Ketika Anda marah maka andrenalin akan meningkat, jantung Anda bisa berdetak lebih kencang, dan tekanan darah Anda meningkat. Ungkapan, "Aku sangat marah darahku mendidih" adalah tidak jauh dari kebenaran ketika Anda di puncak kemarahan.

Kadang-kadang hanya persepsi kita tentang situasi menyebabkan kemarahan untuk menyalakan dan kadang-kadang ancaman mungkin nyata. Apapun masalahnya, kemarahan tidak masalah. Masalah dengan kemarahan adalah bahwa banyak dari kita tidak belajar untuk mengelola kemarahan secara efektif. Bahkan, satu dari lima orang memiliki masalah dengan kemarahan.




Kekerasan dalam rumah tangga, ketidaknyamanan di tempat kerja, perceraian, dan kecanduan adalah beberapa contoh eksternal dari kontrol kemarahan yang buruk. Selain itu, kemarahan dapat menyebabkan masalah fisik ketika tidak dikelola dengan baik. Jangka panjang marah telah dikaitkan dengan sakit kepala kronis, gangguan tidur, masalah pencernaan, tekanan darah tinggi, dan bahkan serangan jantung.

Namun, ketika Anda belajar bagaimana mengelola kemarahan, itu bisa menjadi mempercepat menuju perubahan yang positif bukan sebuah bomerang.

Urutan Kemarahan
Kemarahan biasanya "dipicu" oleh sesuatu hal, misalnya jempol anda terjepit,anda marah2 atau karena perkataan seseorang . Berikutnya, Anda memikirkan sesuatu seperti "apa yang layak saya lakukan untuk itu"". Namun, pada titik ini, emosi mengambil alih pikiran Anda dan situasi "sakit" mengarah Anda untuk percaya jawaban untuk pertanyaan Anda adalah "Tidak, aku tidak pantas sama sekali!." Perasaan terluka dan pengkhianatan lanjut mencoba untuk menimpa logika dan Anda siap untuk bertindak berdasarkan kemarahan Anda, kadang bisa memendan dan bisa mengekspresikannya.

memendam kemarahan Anda dapat mengarahkan Anda untuk percaya bahwa Anda memiliki kendali atas kemarahan anda. Namun, meredam kemarahan tidak memecahkan masalah Anda dan merupakan jenis yang berbahaya untuk kontrol amarah. Kemarahan dipendam dari waktu ke waktu dan dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti depresi, dan masalah-masalah fisik seperti sakit kepala "stres" dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kemarahan Anda dapat menekan terus mengurangi kemampuan Anda untuk bertindak dalam menghadapi ancaman nyata untuk kenyamanan Anda.

Kemarahan perlu diungkapkan. Namun, menampilkan agresif kemarahan dapat menyebabkan luapan kekerasan yang lebih menyakiti Anda secara sosial, mental, dan fisik. Tujuan dari kontrol kemarahan adalah untuk membantu Anda menemukan cara yang sehat untuk mengekspresikan kemarahan Anda dan menyelesaikan masalah yang menjadi penyebabnya. Langkah pertama dalam menhontrol kemarahan adalah belajar untuk mendefinisikan masalah!

Cari tempat yang aman untuk mengekspresikan kemarahan anda. Berteriak pada teman atau anggota keluarga, membanting pintu, dan membuang periuk tidak memecahkan masalah dan sering memicu konflik dan menimbulkan suatu masalah baru. Namun, kadang-kadang Anda hanya perlu untuk melampiaskan. Mencari tempat yang aman untuk mengekspresikan kemarahan, kita dapat meringankan sebagian stres, menenangkan diri ternyata cukup effektif untuk menyelesaikan masalah. Pergi ke tempat dimana kita bisa berteriak sekeras2nya tanpa seorangpun yang mendengarnya. memukuli karung tinju misalnya, itu bisa menjadi tempat kita mengekspresikan kemarahan kita

Menarik Nafas sedalam-dalamnya. Kemarahan sering dimulai ketika kita merasa lebih lemah dari diri kita yang sebenarnya. Mengambil napas dalam-dalam menenangkan Anda, membuat Anda merasa lebih kuat baik secara mental dan fisik.

Menghitung sampai sepuluh. Kedengarannya sederhana, tapi menghitung sampai sepuluh adalah tips kontrol kemarahan yang telah bekerja selama berabad-abad! Penyair Romawi Horace (65-8 SM) mengatakan, "Ketika marah, hitung sampai sepuluh sebelum Anda berbicara, jika anda sangat marah, anda bisa hitung satu sampai dengan seratus." Menghitung sampai sepuluh (atau seratus) membantu Anda untuk mundur dari situasi puncak kemarahan, memberi waktu bagi Anda untuk memeriksa masalah dan memutuskan cara yang efektif, rasional untuk mengekspresikan kemarahan Anda.

Istirahatkan diri anda. Lebih mudah untuk berpikir ketika Anda tenang daripada ketika Anda sedang gelisah. Meninggalkan ruangan, berjalan-jalan, "Bersiul jika anda bisa, itu akan memberi ketenangan'. Kemudian kembali ke masalah, memeriksa, dan menyelesaikannya.

Cari tempat yang indah. Belajarlah untuk bertindak dan tidak bereaksi. Anda dapat menemukan cara positif untuk mengekspresikan kemarahan anda!


reff:http://www.angermanagementtips.com/tips.htm

1 comments:

Ope Warnet on 12 September 2011 at 15:14 said...

Think smart

Quote

Sponsor

Subscribe To BloggerStop


Get Free Updates of This Blog on Your PC !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

BANNER TEMAN

Best Partner blog

www.manurung.net'
 

Blog tools

STATISTIK

Blog Directory