rssrss

Friday, 16 July 2010

Asyik... 100 Anak Jalanan Diajak Berkelana

JAKARTA- Memperingati Hari Anak Nasional tahun ini Kelompok Kerja Sosial (KKS) Melati bersama mitra kerjanya memfasilitasi 100 anak jalanan dan dhuafa berkelana mengenal budaya Indonesia.

Kegiatan akan dipusatkan di Kota Cirebon, Jawa Barat pada 17-18 Juli 2010 mendatang. Dalam acara bertajuk Kelana Budaya Negeri Grage KKS Melati memberikan kegiatan menyenangkan yang dikemas dengan penuh makna, mewujudkan impian dan apresiasi bagi mereka yang terabaikan.

Tujuan lain dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan sejarah dan asal muasal bangsa yang sarat akan keanekaragaman budaya kepada para anak jalanan. Para peserta dalam acara ini akan diajak menelusuri kejayaan negeri tempoe doeloe melalui peninggalan-peninggalan yang sarat akan sejarah di kota Cirebon.

Melalui sejarah KKS Melati berusaha menanamkan kepercayaan diri bahwa anak jalanan tidak berbeda dengan anak–anak lainnya. Mereka memiliki hak dan peran yang sama terhadap budaya Indonesia. Sejatinya setiap pengetahuan yang mereka dapatkan akan besar manfaatnya dalam kehidupan mereka.

Tempat-tempat bersejarah yang akan dikunjungi di antaranya Keraton Kasepuhan, Kacirebonan, dan Kanoman. Lalu para peserta juga diajak berkunjung ke situs Taman Sari Gua Sunyaragi, melihat pertunjukan sendratari, menelusuri Kampung Batik Trusmi dan bersenang-senang di waterboom Cirebon.

Sebelum mengikuti kelana budaya para anak jalanan dan dhuafa akan mengikuti ujian budaya yang diselenggarakan sebelum kegiatan berlangsung, dimana anak-anak dengan hasil terbaik yang akan disertakan dalam kelana budaya tahun ini.

Project Officer KKS Melati Iroel dalam rilisnya kepada okezone, Sabtu (17/7/2010), menjelaskan program outing untuk anak jalanan dan dhuafa ini merupakan kegiatan tahunan yang berlangsung sejak 2003.

Kegiatan ini didukung oleh sejumlah perusahaan dan donatur baik dari lembaga maupun perseorangan serta relawan-relawan KKS Melati.

KKS Melati sendiri merupakan sebuah komunitas untuk anak muda belajar menjadi relawan, sehingga memiliki kepedulian pada sesama melalui kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan untuk membuat Jakarta dan lingkungan sekitarnya menjadi tempat tinggal yang lebih baik.

Relawan yang tergabung di KKS Melati terdiri dari beragam latar belakang seperti pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga dan sebagainya. Seluruh relawan yang bergabung melebur menjadi satu meninggalkan keterikatan kelompok, suku, agama dan ras.

sumber news.okezone.com

0 comments:

Quote

Sponsor

Subscribe To BloggerStop


Get Free Updates of This Blog on Your PC !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

BANNER TEMAN

Best Partner blog

www.manurung.net'
 

Blog tools

STATISTIK

Blog Directory